Rabu, 08 September 2010

TANDUK YANG MENYERAKAN ISRAEL


Zakharia 1:18   Aku melayangkan mataku dan melihat: tampak empat tanduk.19  Lalu aku bertanya kepada malaikat yang berbicara dengan aku itu: "Apakah arti semuanya ini?" Maka ia menjawab aku: "Inilah tanduk-tanduk yang telah menyerakkan Yehuda, Israel dan Yerusalem."
Pengertian Tanduk.

Dalam Alkitab tanduk merupakan kiasan atau perumpamaan  yang berarti kekuatan atau kekuasaan.  Dalam kitab Daniel 7 : 8 tanduk yang dilihat oleh nabi Daniel ada tanduk  kecil tumbuh. Ini bermakna ada kekuasaan atau  kekuatan kecil yang muncul diantara kekuatan besar yang  kuat.
Daniel 7:8 Sementara aku memperhatikan tanduk-tanduk itu, tampak tumbuh di antaranya suatu tanduk lain yang kecil, sehingga tiga dari tanduk-tanduk yang dahulu itu tercabut; dan pada tanduk itu tampak ada mata seperti mata manusia dan mulut yang menyombong.
Dalam kitab Wahyu 13 : 1 Rasul Yohanes juga melihat tanduk  pada seekor binatang yang keluar dari laut. Tanduk ini  menunjuk pada kekuatan dan kekuasaan yang besar ( 10 tanduk ) yang terdapat pada sebuah kerajaan kafir atau kerajaan yang memuja setan
Wahyu 13:1 Lalu aku melihat seekor binatang keluar dari dalam laut, bertanduk sepuluh dan berkepala tujuh; di atas tanduk-tanduknya terdapat sepuluh mahkota dan pada kepalanya tertulis nama-nama hujat.

Dalam Mazmur 75 : 5 pemazmur Daud juga  mengatakan bahwa jangan meninggikan tanduk yang berarti jangan suka unjuk kekuatan atau berlaku sombong. Jangan angkuh, jangan bertegang leher atau marah-marah.
Mazmur 75:5 Aku berkata kepada pembual-pembual: "Jangan membual." Dan kepada orang-orang fasik: "Jangan meninggikan tanduk!
75:6 Jangan mengangkat tandukmu tinggi-tinggi, jangan berbicara dengan bertegang leher!"
Kesimpulan.

Arti tanduk yang terdapat dalam kitab Zakaria tadi adalah  kekuatan dari kerajaan-kerajaan kafir disekitar kerajaan Israel dan Yehuda pada zaman dulu yang menghancurkan dan mengalahkan Israel dan Yehuda karena ketidak taatan mereka pada Allah. Allah menghukum bangsa Israel (Yahudi) menggunakan kekuatan kerajaan manusia sehingga bangsa ini terserak atau terpencar keseluruh dunia hingga saat ini. Jadi ini adalah hukuman Tuhan Allah untuk bangsa yang yang tidak taat.

Amin. Tuhan memberkati

Markus Kanoh

1 komentar:

  1. Pengertian yang mengajar kita untuk lebih setia kepada Tuhan dan selalu waspada akan kehadiran tanduk2 yang ada saat ini...tapi yang menarik menurut saya tanduk dalam pengertian kekuasaan bagi kehidupan kita saat ini tidak hanya dalam bentuk harapiah kekuasaan manusia kafir (ajaran2 sesat)yang diungkapkan pada kitab Zakaria, bisa dalam bentuk waktu, uang, harta, ambisi dll...bagaimana menurut bapa2 sekalian??

    BalasHapus