Kamis, 30 September 2010

DIMANAKAH ANDA ?



Pembacaan : Kejadian 3 :  9 - 13

Sejak semula Tuhan menciptakan manusia bukan seperti robot yang menurut saja apa yang diprogramkan oleh pembuatnya. Tuhan memberikan kebebasan berpikir dan bertindak kepada manusia. Sayangnya kehendak bebas itu  disalah gunakan oleh manusia. Manusia lebih suka mendengar suara iblis daripada pesan Tuhan. Padahal Tuhan menghendaki agar dengan kebebasan itu manusia dapat memuji dan menyembah serta memuliakan Tuhan dengan tanpa paksaan melainkan keluar dari hati yang tulus.

Adam diciptakan oleh Allah serupa dan segambar dengan Dia. Itu artinya manusia merupakan gambaran Allah di dunia ini. Itu bukan berarti manusia sama seperti Allah. Allah tidak mungkin disamakan dengan siapapun. Adam diciptakan memiliki kehendak bebas memilih. Itulah sebabnya Tuhan memberitahukan kepada manusia itu ada pohon ditengah taman yang jika dimakan atau diraba buahnya menyebabkan kematian ( ay 2,3 )

Pertanyaan pertama. Adam dimanakah Engkau ? ( ay 9, 10 ). Allah bertanya demikian bukanlah berarti Dia tidak tahu dimana Adam berada. Pertanyaan itu bersifat ujian, apakah Adam jujur dihadapan Tuhan. Pertanyaan ujian bukan berarti Allah tidak tahu jawabannya tetapi justru menguji apakah Adam bisa menjawab dengan jujur.
Pertanyaan yang sama juga diajukan Tuhan kepada kita. Sedang dimanakah kita saat ini.Didalam Tuhankah atau diluar Tuhan. Dirumah Tuhankah atau dirumah berhala?

Pertanyaan kedua, siapa yang memberitahukan kepadamu?. Siapa yang bicara padamu ( ay 11 ).Pertanyaan ini diajukan juga bukanlah berarti Tuhan tidak tahu dengan siapa Adam dan Hawa berbicara, namun Tuhan juga menginginkan jawaban langsung dari Adam dan Hawa,apakah mereka jujur atau tidak. Pertanyaan yang sama juga diajukan Tuhan pada kita saat ini. Siapa yang kita dengar? Berita apa yang sering kita dengar? Apa yang sering kita dengar, hasilnya akan mempengaruhi jalan hidup yang kita tempuh. Karena apa yang kita dengar akan mempengaruhi otak dan hati kita. Mendengar hal  yang baik atau yang jahatkah kita setiap hari ? Oleh sebab itu hati-hati dengan apa yang kita dengar dan dengan siapa kita bicara. Suara Tuhankah yang kita dengar atau suara iblis.

Pertanyaan ketiga, apa yang telah kau perbuat ? ( ay 12 ). Apa yang kita buat sedikit banyak tergantung dimana kita berada dan apa yang kita dengar. Apakah kita berbuat kebaikan demi kemuliaan nama Tuhan atau untuk diri sendiri.Apakah perbuatan kita sesuai dengan perintah Tuhan atau melanggar perintah Tuhan.

Marilah kita jawab ketiga pertanyaan itu dengan jujur, Dimanakah anda ? Apa yang ada dengar atau siapa yang berbicara pada anda ? dan Apa yang sedang anda perbuat. Renungkanlah. Amin, Tuhan Yesus memberkati.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar