Selasa, 21 Desember 2010

HATI DAN MULUT

Pembacaan 12 : 33 - 37

12:33 Jikalau suatu pohon kamu katakan baik, maka baik pula buahnya; jikalau suatu pohon kamu katakan tidak baik, maka tidak baik pula buahnya. Sebab dari buahnya pohon itu dikenal.
12:34 Hai kamu keturunan ular beludak, bagaimanakah kamu dapat mengucapkan hal-hal yang baik, sedangkan kamu sendiri jahat? Karena yang diucapkan mulut meluap dari hati.
12:35 Orang yang baik mengeluarkan hal-hal yang baik dari perbendaharaannya yang baik dan orang yang jahat mengeluarkan hal-hal yang jahat dari perbendaharaannya yang jahat.
12:36 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman.
12:37 Karena menurut ucapanmu engkau akan dibenarkan, dan menurut ucapanmu pula engkau akan dihukum."
Hati dan mulut merupakan satu kesatuan, karena apa yang ada didalam hati akan terungkap keluar melalui mulut berupa ucapan atau perkataan. Hati yang baik akan mengeluarkan hal hal yang baik dan hati yang jahat akan mengeluarkan ucapan yang jahat pula.
Beberapa contoh kegagalan dari hati dan mulut kita sebagai manusia :
1. Tidak bisa berkata tidak terhadap dosa, cenderung kompromi dengan dosa. Misal Gehazi hamba Elisa. Lihat II Raja2 5 : 20 – 21. Kiss 5 : 1 – 3 Ananias dan Safira
2. Tidak pernah merasa puas ( tamak ). Tidak dapat berkata cukup, selalu ingin terus. Ilustrasi Tikus ingin jadi kucing. Lukas 12 : 13 – 15 Orang kaya yang bodoh
3. Tidak bisa bersyukur. Sulit untuk mengatakan terima kasih karena gengsi, apalagi kepada orang yang dianggap bawahan atau rendahan. Lupa karena saking senangnya. Lukas 17 : 15 – 18 tentang sepuluh orang kusta yang disembuhkan oleh Tuhan Yesus.

Untuk itu marilah kita mulai belajar untuk menyelaraskan antara apa yang ada dalam hati dengan perbuatan,perkataan dan motivasi kita dalam hidup ini. Selama hati dan realitas tidak selaras maka hidup ini hanya sandiwara saja tanpa kebenaran.
Amin Tuhan memberkati.

1 komentar:

  1. This is how my friend Wesley Virgin's biography starts in this SHOCKING and controversial video.

    Wesley was in the military-and soon after leaving-he revealed hidden, "MIND CONTROL" secrets that the CIA and others used to get everything they want.

    As it turns out, these are the same tactics tons of celebrities (especially those who "come out of nothing") and top business people used to become rich and successful.

    You probably know how you use only 10% of your brain.

    Really, that's because the majority of your brain's power is UNCONSCIOUS.

    Perhaps that conversation has even occurred INSIDE your own head... as it did in my good friend Wesley Virgin's head about 7 years ago, while riding a non-registered, beat-up trash bucket of a car with a suspended driver's license and $3.20 on his banking card.

    "I'm absolutely fed up with living payroll to payroll! Why can't I turn myself successful?"

    You've taken part in those types of conversations, isn't it right?

    Your own success story is waiting to happen. All you have to do is in YOURSELF.

    UNLOCK YOUR SECRET BRAINPOWER

    BalasHapus