Kamis, 11 November 2010

POHON MENJADI TERKENAL KARENA BUAHNYA

Tetapi jika harus hidup di dunia ini, itu berarti bagiku bekerja memberi buah (Filipi 1 :22)

1. Firman Tuhan sekilas nampak sederhana tetapi kalau konsekwen dilakukan maka Firman Tuhan itu akan menjadikan seseorang bertumbuh dalam iman.
Pertumbuhan disini diukur oleh buah yang dihasilkan , Buah dimaksud adalah Buah-buah Roh Demikian firman Tuhan “ Tetapi buah Roh ialah Kasih, Sukacita, Damai sejahtera, Kesabaran, Kebaikan, Kesetiaan, Kelemah lembutan, Penguasaan diri Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu. “ (Galatia 5 : 22-23)

1) K A S I H adalah Kekuatan dari Tuhan untuk :
a. Memahami dan mengenal Tuhan dengan segala keberadaanya yaitu Kekudusan, Keadilan, Kemurahan, cara kerja, kecemburuan dan lain-lain.
b. Menerima keberadaan orang lain apa adanya apakan keadaanya kaya, miskin, sopan, jahat dan lain-lain, tanpa ada rasa iri, cemburu, rasa kawatir atau rasa was-was, seperti menerima diri kita sendiri.

2) SUKA CITA adalah Kekuatan dari Tuhan untuk menyingkirkan rasa ketakutan, Kecemasan, keragu-raguan, rasa Keputus asaan dan menolong melintasi penderitaan, penganiayaan dengan kemenangan.

3) DAMAI SEJAHTERA adalah kekuatan dari Tuhan untuk merasa Tenang ketika berada dalam Badai kehidupan, Ia tidak digoyahan oleh rasa Ketakutan, Kecemasan, Keragu-raguan dan Percaya 100 % pada Firman Tuhan.

4) KESABARAN adalah kekuatan dari Tuhan untuk tidak “ Menyerah “ dalam menanggung segala kesukaran Hidup.

5) KEMURAHAN adalah kekuatan dari Tuhan untuk rela membantu, menolong tanpa memandang rupa atau pandang bulu orang lain yang mengalami kesulitan atau kesusahan tanpa motivasi imbalan.

6) KEBAIKAN adalah kekuatan dari Tuhan untuk melakukan apa yang benar menurut Firman Tuhan.

7) KESETIAAN adalah kekuatan dari Tuhan untuk memikul tanggung jawab dalam perkara yang Tuhan berikan.

8) KELEMAH LEMBUTAN adalah kekuatan dari Tuhan untuk Rela diperlakukan tidak adil dengan tidak membalas atau berlaku kasar, karena perlakukan tersebut sebagai sarana untuk membentuk Karakter Kristus.

9) PENGUASAAN DIRI adalah kekuatan dari Tuhan untuk Tidak semaunya menuruti kehendaknya sendiri, mendisiplinkan Jiwa yaitu Kemauan, Emosi, Intelektual, Imajinasi, memory.
Dan mengendalikan Tubuh yaitu Nafsu sex, Naluri soal makanan dan minuman, kesenangan Panca Indra . semua kita lakukan agar berkenan dihati Nya Tuhan.

Dalam hal kita sering menemukan kenyataan bahwa banyak orang Kristen yang tidak berbuah, bahkan tidak bertumbuh dalam kebenaran. Untuk mengenali pertumbuhan Rohani yang di tandai dengan buah-buah roh perlu pemahaman Firman Tuhan dengan kepekaan illahi di dalam 2Petrus 1 : 3-8 demikian “3. Karena kuasa Illahi-Nya telah menganugerahkan kepada kita segala sesuatu yang berguna untuk hidup yang saleh oleh pengenalan kita akan Dia , yang telah memanggil kita oleh kuasa-Nya yang mulia dan ajaib. 4. Dengan jala itu Ia telah menganugerahkan kepada kita janji-janji yang berharga dan yang sangat besar, supaya olehnya kamu boleh mengambil bagian dalam kodrat illahi, dan luput dari hawa nafsu duniawi yang membinasakan dunia. 5 Justru karena itu kamu harus dengan sungguh-sungguh berusaha untuk menanmbahkan kepada imanmu kebajikan, dan kepada kebajikan pengetahuan,6 dan kepada pengetahuan penguasaan diri, kepada penguasaan diri ketekunan kesalehan, 7 dan kepada kesalehan kasih akan saudara-saudara, dan kepada kasih akan saudara-saudara kasih akan semua orang. 8 Sebab apabila semua itu ada padamu dengan berlimpah limpah, kamu akan dibuatnya menjadi giat dan berhasil dalam pengenalanmu akan Yesus Kristus, Tuhan kita

2. “ Kita tidak bisa mengukur kedewasaan orang lain, sebab hanya Allah yang dapat mengukurnya “

Pertumbuhan Rohani yang ditandai dengan buah-buah roh membuat seseorang memberkati dan bisa menjadi naungan bagi orang lain, ini yang dimaksudkan Tuhan.
Kita harus mengerti bahwa Kedewasaan Rohani bukan semata untuk kesenangan dan kepuasan, tetapi agar orang disekitar kita memperoleh berkat dari buah-buah Roh yang dihasilkan.
Allah itu tangannya Perkasa dan Kuat, Ia hendak memberkati banyak orang, untuk itu Allah mencari orang yang dapat menampung Keperkasaan TanganNya menaungi umatNya. Hanya orang-orang yang telah menghasilakan buah roh yang dapat menghasilkan saranaNya.

Seseorang yang mengerti Firman Tuhan, adalah menghayati dan melakukannya akan menjadi Pribadi yang memancarkan Diri Allah, yaitu Pribadi Allah dan Kehendaknya, yang didalamnya termasuk kekuatan dan kekuasaan-Nya yaitu karunia-karunia Roh yang disiapkan melalui penaburan Firman yang membuat berbuah lebat.

Semakin banyak berbuah semakin besar kepercayaan Tuhan yang diberikan, hanya bila Allah memanifestasikan diri kepada seseorang, orang tersebut dimampukan untuk manjadi naungan bagi orang lain kita lihat dalam 2 Korintus 3 : 8 demikian firman Tuhan “ Betapa lebih besarnya lagi kemuliaan yang menyertai pelayanan Roh ! dan (Matius 5 : 45-48 ) Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapa yang disorga adalah sempurna.

Rasul Paulus mengajarkan agar kita senantiasa hidup oleh Roh dan tidak menuruti keinginan daging seperti firman Tuhan yang tertulis dalam Galatia 5 : 16-26 dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat. 17 sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan. 18 Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh, 19 dan berkata-katalah seorang kepada yang lain dalam mazmur, kidung puji-pujian dan nyanyian rohani . Bernyanyilah dan bersoraklah bagi Tuhan dengan segenap hati. 20 Ucaplah Syukur senantiasa atas segala sesuatu dalam nama Tuhan Yesus Kristus kepada Allah dan Bapa kita 21 dan rendahkanlah dirimu seorang kepada yang lain didalam takut akan Kristus.22 Hai Isteri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan, 23 karena suami adalah kepala isteri sama seperti Kristus adalah kepala jemaat. Dialah yang menyelamatkan tubuh. 24 karena itu sebagai jemaat tunduk kepada Kristus, demikian jugalah isteri kepada suami dalam segala sesuatu. 25 Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya 26 untuk menguduskanya, sesudah Ia menyucikanya dengan memandikannya dengan air dan firman.

Ukuran manusia bukanlah seberapa besar Imanya, tetapi seberapa besar Kasihnya.
Demikianlah tinggal ketiga hal ini dalam kehidupan kita yaitu iman, pengharapan dan kasih dan yang paling besar di antaranya ialah KASIH . ( 1 Korintus 13 : 13 )

Yang membuat terkenal pohonnya adalah karena kwalitas buahnya dan yang membuat pohon tetap dirawat dan dijaga oleh pemiliknya adalah karena pohonnya berbuah lebat. Amin


Oleh : Bambang. WA

1 komentar:

  1. Syalom, Pak makasih tulisannya dapat menyegerkan jiwaku, maju terus kutunggu tulisan lainnya,gbu

    BalasHapus